Senin, 16 Januari 2012

CURHAT TENTANG TUGAS

2 minggu sudah sekolah berjalan setelah libur di akhir tahun lalu. Tugas makin hari makin banyak dan menumpuk. Setiap malam saya mendengar teriakan buku-buku itu meminta saya untuk segera mengerjakan. Mereka mungkin sudah tidak sabar menunggu saya untuk mengerjakan dan melalap habis mereka. Walaupun lelah mengerjakan tugas yang banyak dan terkadang mengeluh tapi saya merasa itu adalah tanggung jawab yang harus dikerjakansebaik-baiknya. Jadi, samapi saat ini saya tidak merasa terbebani..

Nah, ngomong-ngomong soal tugas, saya sering sekali bahakan tiap hari, tiap jam, tiap menit, saya menjumpai status dari teman-teman saya yang berkaitan dengan tugas mereka.

 ini contoh status mereka :

Axxxxxxx
"ih...sebel deh banyak tugas..udah berusaha ngerjain tapi tetep nggak selesai...
pak guru, bu guru jahat..tugasnya banyak banget.."

Bxxxxx
"pak, bu, kalau tugasnya banyak gini aku malah nggak mau ngerjain...biarin aja."

Cxxxx
"tiada hari tanpa tugas."

Dxxxx
"Udah ngerjain satu tugas. eh ternyata masih ada tugas yang lain.....sebel nggak selesai-selesai


Nah, dari status-status mereka saya dapat menyimpulkan bahwa mereka sangat membenci tugas banyak.

Sebenarnya, seorang guru memberi tugas kepada murid dengan tujuan agar murid bisa belajar materi lebih mendalam dan murid akan mendapat nilai. Tetapi kebanyakan murid hanya menganggap, tugas adalah COBAAN bagi siswa.

 Inilah yang menjadi kesalahpahaman di antara guru dan murid. Guru memeberi tugas yang banyak agar guru memiliki banyak nilai. Nilai tugas yang dikerjakan oleh murid memiliki bobot yang cukup tinggi. Nilai ini juga bisa diggunakan untuk mendongkrak nilai siwa yang jelek saat ulangan harian atau ulangan semester. Jadi sebenarnya tugas itu menguntungkan walau kita harus bersusah payah dulu saat mengerjakan...

Tetapi, mengapa banyak murid yang tidak memikirkan itu ?
Mereka hanya bisa mengeluh...mengeluh...mengeluh...bahkan memaki orang lain karena tugas yang banyak.

Sebenarnya tugas banyak bisa diselesaikan dengan mudah. Caranya :
SEMANGAT MENGERJAKAN, TIDAK MENGANGGAP TUGAS ADALAH BEBAN TETAPI TANGGUNG JAWAB, MENGANGGAP TUGAS ADALAH SAHABAT KITA, MENGANGGAP TUGAS AKAN MENGUNTUNGKAN BAGI KITA.

Dan ada satu hal lagi yang akan membantu murid-murid agar tidak merasa tugas terlalu berat dan banyak, yaitu COBALAH UNTUK MENCICIL MENGERJAKAN TUGAS. Saat ada waktu senggang, cobalah untuk tidak bermain terus atau bersantai-santai saja, tapi cobalah untuk MENGERJAKAN TUGAS.

Itu adalah saran saya bagi teman-teman yang sering mengeluh bahkan memaki tugas yang diberikan melalui staus di Facebook karena jumlahnya terlalu banyak.

Saya telah membuktikan hal-hal di atas dan memang terbukti bahwa tugas menjadi banyak karena kita tidak mau mengerjakan tugas dengan mencicil.

DI MASA-MASA SEKOLAH BOLEH SAJA KITA BERMAIN, BERSANTAI DAN BERGAUL, TETAPI TETAP INGAT UNTUK MENGERJAKAN TUGAS YA...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar