Sabtu, 14 Januari 2012

TELUR : MEMBERI MANFAAT ATAU PENYAKIT ?

          Saya menulis ini karena terinspirasi dengan ayah saya yang takut mengonsumsi telur, terutama bagian kuning telur.
Banyak orang khawatir mengonsumsi telur, khususnya bagian kuning telur, karena mereka yakin bahwa kuning telur dapat memicu kolesterol tinggi. Pendapat itu tidak benar. Kuning telur justru memberi manfaat bagi kesehatan kita karena telur mengandung kolesterol baik (HDL) yang tinggi.
Telur mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain vitamin B (khususnya vitamin B12), Vitamin A, Vitamin E dan Vitamin D. Khusus untuk vitamin D, tidak semua makanan mengandung vitamin ini. Namun vitamin ini tidak sulit ditemukan dalam sebutir telur. Telur mengandung 11% protein dan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme tubuh. Hal ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin gemuk dan membangun otot. Sebagian besar protein yang terdapat pada telur berada di bagian putih telur yang disebut dengan albumin.
Dari mengonsumsi telur, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat nyata jika kita mengonsumsi telur.
1.     Menjaga kesehatan otak.
Choline yang terdapat pada telur merupakan bahan penyusun pada dua molekul mirip lemak pada otak, yaitu phosphatidylcholine dan sphingomyelin. kedua zat ini adalah sebagian besar zat yang menyusun otak kita. Maka dari itu, choline sangat membantu fungsi otak kita.
Selain itu choline merupakan penyusun utama pada Acetylcholine. Acetylcholine merupakan zat kimia utama tubuh yang berperan dalam mengirimkan pesan antara saraf-saraf dan otot-otot.
2.    Menurunkan berat badan
Sebuah riset yang dilakukan pada 160 laki-laki dan perempuan yang menderita obesitas dengan membagi pada 2 kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi roti bagel setiap pagi dan kelompok kedua mengonsumsi 2 butir telur tiap pagi dengan jumlah kalori dan berat yang sama.
Setelah 8 minggu, hasil menunjukan bahwa kelompok yang mengonsumsi 2 butir telur mengalami penurunan berat badan 2 kali lipat lebih besar (3 kg) daripada yang mengonsumsi roti bagel. Selain itu, mereka yang mengonsumsi telur sebagai sarapan pagi mengalami pengurangan lingkar pinggang 83% lebih besar.
3.    Meningkatkan jantung agar lebih sehat
Vitamin B yang terdapat pada choline membantu mengubah homocysteine, molekul yang bisa merusak pembuluh darah, menjadi substansi yang justru menguntungkan bagi tubuh. Telur juga merupakan sumber vitamin B12, jenis vitamin B, yang sangat berperan dalam proses pengubahan homocysteine menjadi molekul-molekul yang aman bagi tubuh.
Di masa lalu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari mengonsumsi telur. Namun saat ini sudah ditemukan penemuan baru. Kita tidak perlu lagi menghindari mengonsumsi telur karena sebuah riset tentang diet rendah lemak yang dilakukan dengan mengonsumsi 1-2 butir telur pada saat sarapan, tidak akan mengalami perubahan kolesterol dalam darah.
Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur bisa memperbaiki kadar lipid (kolesterol) seseorang yang kadar kolesterolnya naik saat makan makanan kaya kolesterol.
4.     Mencegah terjadinya pengentalan darah
Telur menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan darah dengan cara menghambat proses pengentalan darah. Para pakar kesehatan di Biological and Pharmaceutical Bulletin menemukan, protein dalam kuning telur tidak hanya berpotensi  menghambat penyatuan darah, tetapi juga memperpanjang waktu pengubahan fibrinogen, protein darah, menjadi benang-benag fibrin. Cara kerja protein anti pengentalan darah yang ditemukan pada kuning telur ini, bergantung pada jumlah konsumsi. Semakin banyak jumlah konsumsi kuning telur maka aksi pencegahan pengentalan darah semakin kuat.
5.     Mencegah gangguan pengelihatan akibat pertambahan dan katarak
Kandungan zat lutein, yang merupakan sumber karotenoid, pada kuning telur sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kita untuk  mencegah gangguan pengelihatan akibat pertambahan usia dan katarak. Sebuah penelitian  menyatakan bahwa kandungan lutein pada telur lebih besar daripada kandungan lutein yang terdapat pada sayuran hijau seperti bayam. Selain itu, lutein telur juga lebih mudah diserap daripada lutein bayam atau suplemen.

Nah, ternyata kandungan vitamin, mineral  dan zat-zat yang ada ada telur sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi telur. Karena dari 1-2 telur yang kita konsumsi dapat memeberikan 5 kebaikan bagi tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar