Kamis, 12 Januari 2012

Di Balik Tawuran Pelajar

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kata "tawuran". Bila di kota besar mungkin ini bisa terjadi hampir setiap hari. Bagaimana dengan di kota yang lebih kecil ? Yah, nampaknya tawuran juga terjadi walau tidak setiap saat. Nampaknya kita tak akan sulit menemui pelajar yang tawuran di kota besar ataupun kecil.

Saya menulis ini karena terinsprasi dengan tawuran yang terjadi di sekitar saya.Inspirasi ini saya dapat ketika saya membuka FB beberapa hari yang lalu, ada status seorang pelajar dari salah satu sekolah pinggiran yang dendam dengan seornag pelajar di sekolah yang ternama.

Sebenarnya apa yang menyebabkan tawuran bisa terjadi ?
Ternyata banyak hal bisa menyebabkan tawuran. Dari saling mengejek antarsekolah, tidak terima sekolah kalah dalam suatu pertandingan, salah satu pihak mengotori sekolah pihak lain. bahkan masalah pribadi salah satu pelajar juga bisa menjadi timbulnya perang antar pelajar ini, yaitu masalah pacar.

Yah, inilah salah satu bukti kelamnya dunia pendidikan Indonesia. Di balik prestasi yang cemerlang anak-anak Indonesia di kancah Internasional, masih juga ada pelajar Indonesia yang suka TAWURAN.

Saya heran dengan anak-anak yang tawuran. Apa mereka tidak pernah berpikir tentang akibat yang akan terjadi jika mereka tawuran ? Nampaknya mereka tidak akan bisa memikirkan itu karena pelajar yang ikut tawuran pasti otaknya sudah dicuci hingga tidak bisa berpikir jernih dan sudah dirasuki oleh setan untuk berbuat jahat.

Di sini saya hanya bisa memberikan saran bagi seluruh pelajar di Indonesia bahwa kita itu pelajar yang terpelajar bukan seorang pegulat atau tukang pukul tau bahkan preman. kita itu berpendidikan. Jika ingin membuktikan bahwa kalian adalah yang terhebat, sebaiknya pakai lah kekuatan otak BUKAN kekuatan otot.

1 komentar: